Selasa, 22 Juli 2008

Erwin Aksa jadi Ketua Umum Hipmi

NUSA DUA: CEO Bosowa Corporation Erwin Aksa akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum BPP Hipmi periode 2008-2011 setelah mengalahkan dua kandidat lainnya, Novita Dewi dan Mochamad Ridwan Mustofa.

Kemenangan mutlak yang diraih Erwin (Sulawesi Selatan) dalam Munas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) yang digelar di Nusa Dua sejak 19 Juli dan berakhir kemarin dengan total perolehan 104 suara itu sebenarnya telah diramalkan banyak pihak.

Bahkan dari besarnya dukungan semula, kubu dan tim sukses Erwin memperkirakan proses pemilihan Ketua Umum Hipmi akan berlangsung singkat karena akan terjadi aklamasi.

"Target saya sebenarnya aklamasi, sebab dukungan terus mengerucut hingga tercatat 30 dari 33 BPD sudah sepakat memberikan dukungannya pada saya. Namun, karena para senior menghendaki lain, ya harus diikuti prosedurnya dengan baik," kata Erwin.

Sementara itu, dua kandidat lainnya, yaitu Komisaris PT Atra Widiya Agung, Novita Dewi (DKI Jakarta), pada proses pemungutan suara hanya meraih angka 34, dan Direktur PT Karsa Prima Niaga Mochamad Ridwan Mustofa (Jawa Barat) mengantongi 27 suara.

Sebelumnya, kandidat calon ketua umum tercatat empat orang, yaitu Erwin, Novita, Ridwan dan Bagus Haryosusesno (Jawa Timur).

Bagus yang juga Ketua BPD Hipmi Jatim bahkan disebut-sebut sebagai salah satu kandidat yang membuat gagalnya proses aklamasinya pemilihan Erwin.

Namun, secara mengejutkan, setelah memaparkan visi dan misi, pemilik sejumlah perusahaan besar di Jatim itu tiba-tiba mengundurkan diri, dan menyatakan dukungan suaranya akan dilimpahkan kepada Novita.

Tolak tanda tangan

Akan tetapi, pembentukan kepengurusan baru BPP Hipmi tidak berjalan lancar. Pasalnya, Novita Dewi sebagai anggota tim formatur, menolak menandatangani berita acara pembentukan kepengurusan tersebut.

"Yang saya sesalkan, kenapa saya selalu di pihak yang dipojokkan. Jadi kalau ada tiga pemberi keputusan, satu tidak setuju, dan yang tidak setuju itu saya, [keputusan] itu sudah dibilang sah," kata Novita.

Selain Novita, anggota tim formatur yang diketuai Erwin Aksa itu adalah Sandiaga Uno (mantan Ketua Umum Hipmi).

Sesuai yang diumumkan Erwin, Sekjen BPP Hipmi dijabat Ridwan Mustofa sementara Novita Dewi menjadi Bendahara Umum.

Terkait dengan persoalan tersebut, Sekum BPD Hipmi Jatim Tri Prakoso menyatakan pihaknya tidak mengakui kepengurusan baru BPP Hipmi karena dinilai cacat prosedur.

"Karena Novita tidak mau tanda tangan berita acara pembentukan kepengurusan Hipmi, kami tidak mengakui kepengurusan baru tersebut," katanya.

Erwin Aksa bertekad setelah selesai Munas akan segera mengoptimalkan potensi daerah, pengusaha maupun produknya agar bisa ditata lebih bagus lagi dan siap bersaing di pasar global, sekaligus menghadapi tantangan ekonomi global. (samantha.ardiansyah@bisnis.co.id/john.oktaveri@bisnis.co.id/noor.korompot@bisnis.co.id)

Oleh S. Ardiansyah, John A. Oktaveri & M. Noor Korompot
Bisnis Indonesia

0 komentar:

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP